~~ SELAMAT DATANG DI BADAN KEUANGAN DAERAH KAB.KARANGANYAR ~  ALAMAT : JL.KH. WACHID HASYIM NO 2 KARANGANYAR  TELP.0271-495066 ~ Fax.0271-6491366 - IG : @bkd_kab_karanganyar , Twitter :  @Bkdkab.Karanganyar ~~

BIMBINGAN TEKNIK SIPD| Update: Sel, 25 Agus 20

 

BKD Gelar Bimtek SIPD

 

BKD KAB. KARANGANYAR – Pemerintah Kabupaten Karanganyar melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) 

Kabupaten Karanganyar menggelar kegiatan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi PERMENDAGRI Nomor 64 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyusunan APBD TA. 2021 dengan Sistem Informasi 

Pembangunan Daerah (Bimtek-SIPD).

 

Dalam laporan Penyelenggaraan yang di sampikan oleh Kepala BKD Kab. Karanganyar Bapak Kurniadi Maulato, S.Sos, M.Si bahwa kegiatan ini diikuti sebanyak 75 peserta undangan terdiri dari TAPD 12 orang, OPD 42 orang, BAPERLITBANG 8 orang dan 13 orang dari Bidang Anggaran BKD Kab. Karanganyar.

 

Kegiatan Sosialisasi PERMENDAGRI Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan APBD TA. 2021 dan Bimbingan Teknis Penyusunan APBD TA. 2021 dengan Aplikasi SIPD se-Kabupaten Karanganyar dibuka oleh Bupati Karanganyar Bapak Drs. H. Juliyatmono, M.M. Dalam sambutannya, Drs. H. Juliyatmono, M.M  mengatakan saat ini Kabupaten Karanganyar dengan slogan Karangayar Maju dan Tangguh dimana bentuk persaingan akan semakin tajam dikarenakan arus komunikasi yang semakin terbuka. Oleh karena itu dalam melaksanakan pembangunan di Daerah kita harus siap bersaing secara inovatif, kreatif, dan cepat. 

 

Bupati Karanganyar Pak Yuli sapaan akrab menambahkan Kabupaten Karanganyar menjadi salah satu Kabupaten yang serapannya sangat besar dan menjadi 30 Kabupaten tercepat, Kementerian Dalam Negeri telah melauncing Sistem informasi yang terintegrasi antara informasi perencanaan pembangunan dan informasi keuangan daerah, serta informasi pemerintahan daerah lainnya, atau Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

 

 “Integrasi ini sangatlah penting dalam rangka sinkronisasi dan harmonisasi rencana pembangunan dan keuangan daerah, yang nantinya menjadi acuan dalam menentukan arah kebijakan pembangunan di daerah. Hal ini juga merupakan salah satu upaya untuk mendorong terwujudnya pencapaian tujuan pembangunan daerah sebagai bagian integral tujuan pembangunan nasional. Pembangunan yang mensejahterakan adalah pembangunan yang dimulai dari perencanaan yang tepat sasaran dan membutuhkan komitmen dari seluruh pihak dalam penerapan SIPD sebagai upaya mewujudkan rencana pembangunan daerah yang berkualitas”, pungkas Pak Yuli.

 

“Saya berharap dalam Bimtek ini kita bisa memperdalam implementasi terhadap substansi Permendagri Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan APBD TA. 2021 dengan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah secara interaktif dan mendetail.

 

 

               (john12082020)